Perbedaan prolog,dialog,monolog dan epilog adalah ?

Epilog adalah


Epilog adalah kata penutup yang mengakhiri pementasan. Epilog biasanya berisi ajaran atau kesimpulan yang bisa diambil dari drama yang baru saja disajikan.


Epilog dapat juga diartikan sebagai bagian penutup pada karya sastra, yang fungsinya menyampaikan inti dari cerita atau menafsirkan maksud karya itu oleh pemeran pada akhir cerita.

Epilog dapat berupa patisari dari cerita atau drama yang dilakonkan atau komentar singkat atas drama yang baru saja dilakonkan. Selain untuk menutup drama, epilog juga berfungsi sebagai penegasan peristiwa-peristiwa moral, tatanilai, maupun refleksi hidup dan kehidupan yang diceritakan dalam drama.

Berikut penjelasan aku mengenai prolog, dialog, epilog dan monolog:

a. Prolog yaitu kata pendahuluan dalam sebuah novel. Prolog memainkan peran yang besar dalam menyiapkan pikiran pembaca supaya bisa mencontoh cerita yang akan disampaikan.

Itulah sebabnya, prolog sering kali berisi sinopsis cerita, perkenalan tokoh-tokoh dan pemeranannya, serta perselisihan-perselisihan yang akan terjadi pada BAB berikutnya.

b. Epilog yaitu kata penutup yang mengakhiri cerita. Isinya, umumnya berupa rangkuman atau ajaran yang dapat diambil dari cerita.

c. Dialog ialah percakapan antar tokoh. Dialog mempunyai peran yang benar-benar penting sebab menjadi karakter pada suatu cerita. Artinya, jalannya cerita dikenal melalui dialog antar tokoh.

d. Monolog yaitu percakapan seorang pemain dengan dirinya sendiri. Apa yang diungkapkan, dijawab sendiri.

0 Response to "Perbedaan prolog,dialog,monolog dan epilog adalah ?"

Post a Comment